Rabu, 10 Januari 2018

Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel


Bekas luka, baik di badan maupun di wajah, tentu dapat menganggu penampilan. Selain itu, bekas luka yang membandel bisa merusak kepercayaan diri seseorang.



Untuk mendapatkan tubuh yang mulus, seseorang dapat melakukan beragam cara untuk menghilangkan bekas luka. Baik dengan menggunakan krim yang dipercaya dapat menghilangkan bekas luka, menggunakan bahan-bahan alami, hingga melalui prosedur medis. Obat Herbal Varises

Vitamin E Untuk Bekas Luka, Manjurkah?

Salah satu yang dipercaya dapat menghilangkan bekas luka adalah vitamin E. Vitamin E juga dikenal baik untuk kulit ini. Tapi, benarkah ampuh? Sebuah studi menunjukkan bahwa menggunakan vitamin E sebelum dan sesudah operasi dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah munculnya keloid.

Anda bisa menggunakan krim, salep, atau suplemen yang mengandung vitamin E. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung cukup vitamin E seperti biji-bijian, kacang, dan sayuran hijau. Meski begitu, penggunaan vitamin E sebagai sarana menghilangkan bekas luka masih memerlukan lebih banyak penelitian.

Hilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cara Medis

Cara menghilangkan bekas luka bisa berbeda-beda, hal ini disesuaikan dengan jenis luka dan lokasinya. Jika Anda sudah menggunakan krim, salep, atau suplemen yang mengandung vitamin E, namun bekas luka tidak kunjung hilang, Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini.

Dermabrasi

Jika bekas luka yang Anda miliki berbentuk seperti menggumpal atau lebih tinggi dari kulit sekitarnya, Anda dapat menggunakan cara ini. Dermabrasi dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang akan mengikis bagian permukaan kulit bekas luka. Hasilnya lapisan kulit yang baru akan terlihat lebih halus.

Microdermabrasi

Proses ini biasanya dilakukan kepada bagian luka yang lebih kecil atau dangkal, seperti luka bekas jerawat yang ringan, garis halus, bintik penuaan, dan kekusaman. Baik dermabrasi dan microdermabrasi dapat dilakukan di dokter kecantikan atau dermatologis.

Suntikan steroid

Bagi Anda memiliki luka hypertrophic atau luka keloid juga dapat diatasi dengan menggunakan cara yang satu ini. Suntikan steroid dapat membantu dalam melunakkan tampilan bekas luka jenis tersebut. Steroid akan disuntikan ke dalam bekas luka berulang kali dalam jangka waktu cukup panjang guna meratakan bekas luka tersebut.

Laser resurfacing

Perawatan ini memiliki prosedur yang hampir sama dengan dermabrasi, dan tidak seperti perawatan laser sebelumnya yang membutuhkan waktu pemulihan lebih lama. Penggunaan laser jenis terbaru dalam perawatan ini dapat memberikan hasil yang lebih halus, karena bekerja pada jaringan kolagen dalam dermis tanpa menghilangkan lapisan atas kulit.

Balut tekan bersilikon

Jika Anda mengalami luka bekas cangkok kulit atau luka bakar besar, Anda dapat menggunakan balut ini. Dengan menggunakan balut ini, bekas luka akan lebih merata dan lembut. Balut ini terbuat dari bahan yang elastis dan dapat dikombinasikan dengan lembar gel silikon. Balut tekan bisa dikenakan di atas bekas luka selama 24 jam sehari, selama 6–12 bulan.


Selain beberapa cara menghilangkan bekas luka di atas, Anda juga bisa menghilangkan luka dengan cara operasi. Namun, cara ini cenderung akan menimbulkan luka baru. Metode medis apa pun yang Anda pilih untuk menghilangkan bekas luka, pastikan Anda melakukan konsultasi mendalam dengan dokter sebelumnya.

Baca Juga : Obat Pelancar haid


Tidak ada komentar:

Posting Komentar