Minggu, 29 April 2018

Tiga Cara Alami Dan Mudah Untuk Menghilangkan Varises



Jika Anda melihat di kaki seseorang terutama di bagian betis terlihat seperti urat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua dan terkadang bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin, itu adalah tanda mudah yang bisa dilihat jika seseorang mengalami varises. Jika hal yang sama terjadi pada betis Anda, jangan tunggu sampai parah. Anda bisa coba cara alami yang ada di artikel ini untuk menghilangkan varises yang menganggu penampilan Anda.




Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Penumpukan darah di dalam pembuluh vena terjadi akibat melemahnya atau rusaknya katup vena. Pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.

Di dalam pembuluh vena, ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar dan menimbulkan varises.

Sebenarnya menurut penelitian, varises tidak hanya rentan dialami oleh wanita saja, pria juga memiliki peluang untuk mengalami hal yang sama terutama untuk mereka yang pekerjaannya memberikan tekanan besar pada kaki. Nah, ada cara alami dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan varises ini dari kaki Anda selamanya. Bagaimana caranya? Baca terus artikel ini.

1. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur adalah cara yang direkomendasikan oleh Carolina Vascular Institute untuk menghilangkan varises dari betis indah Anda. Olahraga adalah cara terbaik untuk memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah vena.

Duduk terlalu lama dengan posisi duduk yang salah atau berdiri terlalu lama tanpa banyak bergerak dapat meningkatkan risiko varises. Bila Anda terlalu lama tidak bergerak, sulit bagi pembuluh darah untuk memompa darah dengan efisien ke jantung.

Olahraga merupakan cara yang paling baik untuk membantu menyeimbangkan hormon secara alami, menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat, dan menurunkan tekanan darah. Hormon yang tidak seimbang, berat badan yang berlebihan dan tekanan darah yang tinggi adalah penyebab varises Anda bisa muncul.

Jika Anda mengalami rasa sakit saat berolahraga, mulailah secara perlahan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan.

2. Menjaga Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung akan mengalami varises, terutama untuk para wanita dan orang tua yang kegemukan. Kelebihan berat badan dapat memberi tekanan pada pembuluh darah lebih tinggi dan dapat menyebabkan pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena pada bagian kaki.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Huffington Post, varises pada mereka yang cenderung obesitas akan lebih sulit untuk dihilangkan karena sudah melebar dan menjadi lebih meradang dan lebih besar ukurannya (dengan panjang empat atau lima sentimeter, di dalam kaki).

3. Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk melancarkan aliran darah sekaligus meredakan peradangan serta menyeimbangkan hormon yang tidak seimbang. Minyak esensial yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah varises Anda adalah minyak esensial cypress, yang diperoleh dari sejenis pohon cemara dengan nama ilmiah cupressus sempervirens.

Minyak esensial ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi dan memperlancar sistem peredaran darah. Anda bisa mencoba melakukan pijatan dengan lima tetes minyak esensial cypress di area varises Anda dua kali sehari selama beberapa minggu. Lakukan pijatan dari ujung kaki mengarah ke atas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar